Selasa, 17 Januari 2012

STRATEGI NEGOSIASI TRAINING

Sebagai bentuk keseriusan SPSI dalam menghadapi perundingan gaji tahun 2012, maka pengurus SPSI mengirim perwakilannya untuk mengikuti Training Strategi Negosiasi yang dilaksanakan tanggl 2-3 Desember 2011 di Bogor.

Training Strategi Negosiasi yang diikuti oleh utusan dari Serikat Pekerja dari berbagai perusahaan. Salah satu strategi SPSI dalam persiapan menghadapi Perundingan Kenaikan Gaji tahun 2012.


Sebenarnya jika pihak pengusaha mau membuka ruang untuk membuat rumus baku kenaikan gaji yang dituangkan dalam PKB, maka tidak perlu lagi Negosiasi Kenaikan Gaji. Proses perundingan kenaikan gaji yang menjadi agenda rutin setiap tahun ini, seharusnya hanya cukup dijadikan sebagai simbol adanya hubungan yang harmonis antara pekerja dan pengusaha melalui media perundingan itu sendiri. Karena sebenarnya proses kenaikan gaji tersebut, jika sudah dituangkan secara baku dalam PKB, maka seperti yang diungkapkan ketua SPSI, cukup tiga kali saja, yaitu kick off, proses negosiasi dan diakhiri dengan penutupan. Proses negosiasi yang cuma tiga kali pertemuan tersebut hanya sebagai ”syarat” dan hanya sebagai ”simbol tradisi” semata untuk menunjukan adanya hubungan industrial yang harmonis antara pekerja dan pengusaha dalam bentuk perundingan. Dalam koridor ini memang pihak pengusaha diposisikan sebagai pengusaha yang selalu berniat baik dengan memberikan kenaikan gaji yang ”layak” untuk karyawannya sebagai bentuk apresiasi tahunan. Dan terlepas kepada kenyataan bahwa pengusaha kita belum membuka diri untuk membuat standar baku kenaikan tersebut, semestinya pengusaha saat ini, saat dimana kita (baca: pengusaha dan pekerja) bersama-sama meraih beberapa rekor pencapaian termasuk pencapaian produksi tertinggi (700 ton / day), harus berniat baik dengan memberikan apresiasi kenaikan gaji yang bisa memuaskan semua pihak, tidak sebatas hanya dengan apresiasi batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar