Senin, 13 Februari 2012

Forum Diskusi Pensiun

Bidang Organisasi didampingi Bidang Kesejahteraan sedang menyerahkan jaket Purnabhakti kepada salah seorang anggota SPSI yang akan memasuki masa pensiun tahun 2012 ini. Jaket ini merupakan bentuk penghargaan SPSI atas loyalitas karyawan tersebut selama menjadi anggota SPSI.

Anggota SPSI yang akan menghadapi masa Purnabhakti pada tahun 2012 ini berfoto bersama Ketua dan Sekretaris SPSI serta Trainer dari In-Trend


Manajemen yang diwakili oleh Bapak Deden dan Koperasi diwakili oleh Bapak Rosa, tengah mengikuti kegiatan Forum diskusi yang digagas oleh Serikat Pekerja di Ruang Karaoke 11 Januari 2012. Acara ini diikuti oleh 21 orang anggota SPSI yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2012 ini.






Kegiatan Forum Diskusi Pensiun diharapkan menjadi kunci pembuka jalan bagi Manajemen untuk mulai dilaksanakannya Pelatihan Pembekalan Karyawan yang akan menghadapi Masa Pensiun nanti



Ini merupakan terobosan baru yang dilakukan pengurus Serikat Pekerja dalam upaya mendorong agar Manajemen berniat baik untuk segera mengimplementasikan Pasal mengenai pembekalan bagi karyawan yang akan menghadapi pensiun.
Sebanyak 22 karyawan anggota SPSI yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2012-2013, diundang dalam sebuah forum diskusi yang mengambil tema: “ Sukses Mempersiapkan Sikap dan Mental dalam Menghadapi Masa Pensiun.” yang dilaksanakan di ruang Karaoke tanggal 11 Januari 2012. Meski hanya berdurasi dua jam, namun acara ini benar-benar dimanfaatkan oleh peserta diskusi untuk menyimak hal-hal yang harus mereka persiapkan pada saat menghadapi pensiun yang disampaikan oleh trainer Bung Chandra Mahlan dan Djuju Poerwantoro dari In-Trend Jakarta.
Harapan-harapan besar terbersit dari karyawan calon pensiunan pada saat diberikan waktu untuk menyampaikan pidatonya melalui perwakilan mereka yaitu Bapak Syahrani dari Dept CS2.
Harapan itu diantaranya, mereka sangat menyayangkan ketidakhadiran Presdir dalam acara tersebut yang akan mereka manfaatkan untuk berdialog tentang hal-hal yang berkaitan dengan pensiun yang akan segera mereka hadapi sepertinya ingin adanya pengakuan legal bahwa pasca pensiun mereka ingin tetap menjadi bagian dari Keluarga besar PT SPV.
Hal ini sebenarnya mendapat sambutan positif dari Serikat Pekerja. Melalui pidatonya, ketua SPSI Triswanto berkeinginan untuk membuat suatu forum perkumpulan karyawan Purnabhakti PT SPV. Dimana melalui forum tersebut, karyawan-karyawan SPV yang telah pensiun dapat terus berkomunikasi dan tetap menjadi bagian dari keluarga besar SPSI dan PT SPV. Demikian juga Ketua Koperasi yang saat itu diwakili oleh Bapak Rosa Belawan, bawah Koperasi menyambut baik adanya forum tersebut yang nantinya tidak hanya digunakan sebagai forum silaturahim dan komunikasi saja, tetapi bisa mewadahi karyawan pensiunan tersebut untuk tetap berproduksi melalui lahan-lahan ekonomi yang ada di Koperasi.
Mereka tetap bisa menjadi bagian dari dinamika perkembangan Koperasi dengan turut andil memajukan Koperasi melalui usaha-usaha yang mereka rintis dan kembangkan bersama Koperasi dalam menjalani masa-masa pensiun tersebut.
Forum diskusi yang dilaksanakan Serikat Pekerja ini hanya merupakan kegiatan awal yang tujuan awalnya hanya sekedar upaya mengingatkan manajemen untuk dapat segera mengimplementasikan

Bab VI Pasal 20 ayat 2 Hak Pekerja dalam Pendidikan

“Pekerja yang akan memasuki masa pensiun diberikan pelatihan program masa persiapan pensiun serta kewirausahaan minimal 1 (satu) tahun menjelang pensiun, yang dilaksanakan oleh HR bekerjasama dengan instansi pemerintah atau swasta.”

Sehingga karyawan-karyawan kita yang memasuki sedikit banyak akan mempunyai bekal dalam menghadapi masa pensiun mereka nanti.




2 komentar: