Minggu, 07 Agustus 2011

Fungsi Perwakilan Anggota Tetap (PAT)

Dengan adanya fasilitas sepeda diharapkan bisa membantu distribusi undangan ke tangan PAT.





Dari jumlah 52 PAT yang seharusnya hadir, ternyata hanya ada 50% nya saja.

(Humas SPSI).

Perwakilan Anggota Tetap (PAT) yang merupakan representative dari anggota SPSI dari 52 Departemen tidak bisa dipungkiri merupakan jembatan komunikasi yang penting antara Pengurus dengan anggotanya. Semua informasi up to date tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan kesejahteraan karyawan senantiasa disampaikan oleh pengurus melalui PAT ini, selain tentunya melalui media Blog dan Bulletin.

Peranan PAT dalam fungsinya tersebut sangat diharapkan sekali untuk menjadi lebih dominan dibanding melalui Blog dan Bulletin, karena Blog dan Bulletin hanya mampu mencapai sabagian kecil anggotanya saja, salah satunya karena tidak semua anggota mempunyai fasilitas email yang merupakan sarana distribusi kedua media tersebut.

Namun dalam kenyataannya, kita belum bisa mengharapkan optimal peran tersebut dapat dijalankan PAT karena sepertinya PAT harus dibekali dengan kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi yang didapat kepada anggota di departemennya ssecara utuh dan tidak sepotong-sepotong, sehingga tidak menimbulkan presepsi yang berbeda-beda. Karena itu Pengurus Serikat dalam tahun ini sudah mengadakan kegiatan training dan kepelatihan yang melibatkan PAT sehingga diharapkan PAT bisa melaksanakan fungsinya secara maksimal.

Kendala lain adalah pada saat pengurus serikat mengundang PAT untuk berkumpul dalam suatu pertemuan untuk mensosialisasikan informasi terbaru, banyak PAT yang tidak dapat hadir memenuhi undangan tersebut. Pengurus sudah mengevaluasi setiap sisi yang meyebabkan hal tersebut.

Ada 3 sisi yang sepertinya menjadi kendala yaitu 1. Dari sisi distribusi surat undangan ke pertemuan ke PAT yang terus diusahakan supaya dapat diterima tepat waktu oleh HOD yang akan memberikan izin kepada PAT untuk bisa hadir (khususnya PAT yang terkena jadwal kerja Shift),

2. Dari Sisi HOD yang karena sesuatu hal yang menyangkut pekerjaan, tidak bisa mengizinkan PAT untuk

Hadir dalam pertemuan atau 3. atau mungkin dari sisi PAT-nya sendiri yang terkesan kurang menjalankan fungsinya untuk mau hadir dalam pertemuan tersebut.

Pengurus akan terus mengupayakan agar ketiga sisi tersebut bisa teratasi sehingga arus informasi dari Pengurus ke anggotanya dapat mengalir dengan maksimal dan optimal karena peran PAT tersebut.

Dari ke 3 sisi kemungkinan penyebab hal tersebut diatas, sisi mana yang berpotensi besar yang menyebabkan PAT tersebut tidak bisa hadir mengikuti pertemuan PAT dengan Pengurus, kami serahkan kepada anggota untuk menjawab dan membantu kami untuk menemukan solusi terbaiknya.

Pada pertemuan PAT beberapa hari yang lalu yang mensosialisasikan 3 hal yang sangat penting untuk diketahui oleh seluruh anggotanya yaitu distribusi salary harmonization 2%, rekreasi tahunan 2011 dan asuransi kesehatan, ternyata jumlah PAT yang hadir sangat sedikit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar