Minggu, 07 Agustus 2011

Seluruh Pengurus SPSI PT. SPV, "Selamat menunaikan ibadah puasa"

Seluruh Tim redaksi Buletin PT. SPV

Beserta


Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita dan berkah Ramadhan 1432 kali ini dapat memberikan hikmah serta makna mendalam bagi kita untuk menjalani hidup dan kehidupan.

Marhaban Yaa Ramadhan…….(Redaksi)

Kegiatan17 Agustusan PT. SPV


BEBERAPA KEGIATAN OLAHRAGA YANG TEREKAM TIM BULLETIN




Volley Ball, lapang Colony PT SPV

Tenis, lapangan tenis SPV


Tenis Meja, Club House



Futsal, lapang Colony PT SPV


Catur, Swimming Pool


Bulutangkis, Function Hall

Bilyard, Club House

DAFTAR JUARA KEGIATAN OLAHRAGA 17 AGUSTUSAN PT SPV

BILYARD

Juara 1 Sumihar ( MMB )

Juara 2 Amar Dinata ( MMW )

Juara 3 Agus Sahri (PPL )

Juara 4 Ujang Sutisna ( MMB )

TENIS MEJA PUTRA

Juara 1 Ujang Sutisna ( MMB)

Juara 2 Pranoto (CVL)

Juara 3 Dede (SFT)

Juara 4 Doddy E. (TRA)

TENIS MEJA PUTRI

Juara 1 Tati (PJE)

Juara 2 Erni Y. (ACC)

Juara 3 Nunun (GA)

Juara 4 Leni (MRK) & Nunung (ACC)

VOLLEY

Juara 1 Fiber I (Spinning Dept.)

Juara 2 Fighter (SHE & Security Dept.)

Juara 3 Fiber II (Viscose & Spinbath)

Juara 4 Aux (NGBC & SAPR)

Juara 1 Group A, captain: Leni

Juara 2 Group C, captain: Helvita

Juara 3 Group D, captain: Ratna

Juara 4 Group B, captain: Sartikawati

CATUR

Juara 1 Maman (MMA)

Juara 2 Franciscus Ginting

Juara 3 Parlindungan Sinaga (RMC)

Juara 4 Sibarani R. (ACC)

FUTSAL

Juara 1 Spinning Process

Juara 2 Viscose Process

Juara 3 Power Plant

Juara 4 Electric Dept.

BULU TANGKIS PUTRA

Juara 1 FIBER PLANT

Juara 2 MAINTENANCE

Juara 3 COMMERCIAL

BULU TANGKIS DOUBLE PUTRI

Juara 1 Erni Y. & Nopi Nurbatin (ACC)

Juara 2 Imas Saebah (PCS) & Ivo (CON)

Juara 3 Agustiani M (TRA) & Meta (PCS)


Selamat kepada Para Juara, sampai bertemu lagi dalam event yang sama di tahun mendatang. Tetap menjunjung tinggi Semangat dan Sportifitas olahraga sebagai salah satu elemen pendunkung produktifitas kita dalam bekerja. Salam Olahraga

Sosok Karyawan, DAMANIK RAMIDI


Biasa sering dipanggil Pak Damanik, kalau yang belum mengenal nama panjangnya yaitu DAMANIK RAMIDI (3521/MPL). Meski terhitung baru 6 tahun bergabung dengan kita, tetapi kiprahnya baik dalam karir ataupun bidang olahraga patut kita jadikan contoh. Saat ini selain sebagai Manajer pada Mechanical Maintenance Planning Dept., beliau juga memegang amanah sebagai Ketua Komite Olahraga PT SPV. Peranannya terlihat menonjol pada saat pelaksanaan event olahraga tahunan yang saat ini tengah berlangsung, dimana semua karyawan terlibat dalam berbagai kegiatan olahraga memperingati HUT RI ke 66.

Menggantikan H. Koswara yang selesai masa kepengurusannya, Pak Damanik langsung mengebrak dengan menggelar kegiatan Internal Futsal untuk karyawan yang berusia 35 tahun keatas yang berlangsung sukses beberapa waktu lalu. Semoga dengan kehadiran beliau sebagai Ketua Komite yang baru bisa membawa angin segar bagi perkembangan minat karyawan terhadap olahraga sebagaimana pesan yang beliau sampaikan melalui bulletin ini.

“Berolahragalah… sebagai jalan menuju hidup yang berkualitas, Kesehatan memang bukan segalahnya, tapi tanpa kesehatan segalanya tidak akan bermakna.

Saya sebagai pemegang amanah dari management berkomitment untuk menjalankan program-program kesehatan karyawan, berusaha semaksimal mungkin untuk mengakomodasi dan memikirkan program olahraga apa yang terbaik untuk karyawan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan nilai produktivitas yang disumbangkan kepada perusahaan.”

Semoga saja harapan tersebut menjadi harapan kita bersama dan bisa tercapai dengan adanya dukungan dari kita semua tentunya.

Ketika dimintai pendapatnya tentang SPSI beliau memberikan komentar bahwa saat ini SPSI adalah lebih merupakan sebuah Institusi yang sedang bekerja menuju ke-Mandiri-an dan Independent dan berpesan agar SPSI bisa terus berjuang hanya dengan mengatasnamakan nilai-nilai saja dan bukan atas nama kepentingan pribadi, golongan, ataupun kelompok...

Semoga saja tetap seperti itu ya Pak, sama seperti harapan kita semua.... (JS)

Fungsi Perwakilan Anggota Tetap (PAT)

Dengan adanya fasilitas sepeda diharapkan bisa membantu distribusi undangan ke tangan PAT.





Dari jumlah 52 PAT yang seharusnya hadir, ternyata hanya ada 50% nya saja.

(Humas SPSI).

Perwakilan Anggota Tetap (PAT) yang merupakan representative dari anggota SPSI dari 52 Departemen tidak bisa dipungkiri merupakan jembatan komunikasi yang penting antara Pengurus dengan anggotanya. Semua informasi up to date tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan kesejahteraan karyawan senantiasa disampaikan oleh pengurus melalui PAT ini, selain tentunya melalui media Blog dan Bulletin.

Peranan PAT dalam fungsinya tersebut sangat diharapkan sekali untuk menjadi lebih dominan dibanding melalui Blog dan Bulletin, karena Blog dan Bulletin hanya mampu mencapai sabagian kecil anggotanya saja, salah satunya karena tidak semua anggota mempunyai fasilitas email yang merupakan sarana distribusi kedua media tersebut.

Namun dalam kenyataannya, kita belum bisa mengharapkan optimal peran tersebut dapat dijalankan PAT karena sepertinya PAT harus dibekali dengan kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi yang didapat kepada anggota di departemennya ssecara utuh dan tidak sepotong-sepotong, sehingga tidak menimbulkan presepsi yang berbeda-beda. Karena itu Pengurus Serikat dalam tahun ini sudah mengadakan kegiatan training dan kepelatihan yang melibatkan PAT sehingga diharapkan PAT bisa melaksanakan fungsinya secara maksimal.

Kendala lain adalah pada saat pengurus serikat mengundang PAT untuk berkumpul dalam suatu pertemuan untuk mensosialisasikan informasi terbaru, banyak PAT yang tidak dapat hadir memenuhi undangan tersebut. Pengurus sudah mengevaluasi setiap sisi yang meyebabkan hal tersebut.

Ada 3 sisi yang sepertinya menjadi kendala yaitu 1. Dari sisi distribusi surat undangan ke pertemuan ke PAT yang terus diusahakan supaya dapat diterima tepat waktu oleh HOD yang akan memberikan izin kepada PAT untuk bisa hadir (khususnya PAT yang terkena jadwal kerja Shift),

2. Dari Sisi HOD yang karena sesuatu hal yang menyangkut pekerjaan, tidak bisa mengizinkan PAT untuk

Hadir dalam pertemuan atau 3. atau mungkin dari sisi PAT-nya sendiri yang terkesan kurang menjalankan fungsinya untuk mau hadir dalam pertemuan tersebut.

Pengurus akan terus mengupayakan agar ketiga sisi tersebut bisa teratasi sehingga arus informasi dari Pengurus ke anggotanya dapat mengalir dengan maksimal dan optimal karena peran PAT tersebut.

Dari ke 3 sisi kemungkinan penyebab hal tersebut diatas, sisi mana yang berpotensi besar yang menyebabkan PAT tersebut tidak bisa hadir mengikuti pertemuan PAT dengan Pengurus, kami serahkan kepada anggota untuk menjawab dan membantu kami untuk menemukan solusi terbaiknya.

Pada pertemuan PAT beberapa hari yang lalu yang mensosialisasikan 3 hal yang sangat penting untuk diketahui oleh seluruh anggotanya yaitu distribusi salary harmonization 2%, rekreasi tahunan 2011 dan asuransi kesehatan, ternyata jumlah PAT yang hadir sangat sedikit.


Meeting SPSI dengan Management menjelang puasa



Foto Pertemuan Tim Serikat dengan Tim Manajemen dalam membahas masalah yang hubungannya dengan ibadah Puasa , target bonus, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kesejahteraan karyawan beberapa waktu yang lalu di Ruang Meeting HRD. (Humas)

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa hal seperti masalah pelaksanaan waktu kerja, pembagian Insentif masuk kerja hari raya, target Bonus 2011, masalah asuransi kesehatan dll.

Saat bulletin ini diturunkan, mungkin semua karyawan sudah mendapatkan realisasi dari hasil pertemuan tersebut, mulai dari hasil pencapaian bonus produksi tahun 2011 yang tidak mencapai target quality, pengumuman pelaksanaan hari kerja selama bulan puasa, pengumuman tidak dibukanya kantin selama bulan puasa, salary harmonization, pengumuman THR dll. (JS)

Sosialisasi Asuransi Kesehatan Mega Umum



HR mengadakan sosialisasi Asuransi Kesehatan Mega Umum pada tanggal 14, 18 dan 20 Juli 2011 di Function Hall Club House PT. SPV.

Acara tersebut dihadiri pihak HRD PT. SPV. Yang diwakili staffnya Fauzi, Anggraeni Syah dari Integra, Debby Afriani sebagai konsultan asuransi PT. SPV dan dari pihak Mega Umum.

Acara tersebut diisi dengan penjelasan dari pihak asuransi mengenai perbedaan-perbedaan yang terdapat pada asuransi baru dibandingkan dengan yang lama, lalu sesi tanya jawab.

Acara yang dibuat 3 sesi pada tiap harinya sangat bermanfaat bagi karyawan, banyak hal yang ditanyakan seputar ketidaktahuan mereka maupun pengalama nya saat berobat.

Pada sosialisasi tersebut pihak asuransi juga memudahkan karyawan dalam menyalurkan keluh kesahnya dengan menyampaikannya melalui telepon maupun sms.

Jika karyawan akan menyalurkan keluhannya melalui SMS, yaitu dengan cara ketik

“SPV#Nama Peserta#No Peserta#RS. Provider#Uraian keluhan” kirim ke no 0818 0818 6709, ataupun HOTLINE Service PT. Asuransi Umum Mega, (021) 8370 2557.

Atau ke PT. Cipta Integra Data, dengan Ibu Anggraini Syah (021) 3002 7380, Ext 1200, Ibu Debby Afriani (021) 3002 7380, Ext 5110, ataupun dengan Mardiana Bhakti (021) 3002 7380, Ext 6000. Diharapkan dengan diinformasikannya no Hotline tersebut dapat lebih memberikan pelayanan terbaik yang di dapat karyawan (Dian)

Rabu, 03 Agustus 2011

EKSES KLEM

“EKSES KLEM”….. (berharap tidak ada lagi).

Oleh: Jajat Sudrajat

Cerita 1

+ Ada apa, Pak?

- Ini, saya dapat surat dari Ha eR, kalau saya bersedia dipotong gaji selama sekian kali untuk membayar ekses klem….

+ Tapi mungkin itu kan bekas pemakaian berobat Bapak atau keluarga Bapak yang tidak di kaper asuransi....

- Mungkin iya juga, tapi kenapa mesti sekarang ditagihkannya? Asuransi ”X” ini kan sudah beberapa tahun yang lalu sudah tidak ada lagi di pabrik kita.

+ Bapak sudah tandatangan persetujuannya?

- Belum tuh...

+ Ya sudah, sebaiknya Bapak tandatangan saja karena itu bekas pemakaian berobat keluarga Bapak yang tidak di kaper Askes perusahaan kita, mengenai kenapa baru ditagih sekarang dan kenapa tidak di kaper .....ya sudah.......

Mudah-mudahan tidak terjadi lagi ya..

Cerita 2

+ Ada Apa, Pak?

- Saya diminta membayar ekses klem karena obat yang saya minum adalah ”Vitamin”.

+ O, iya Pak...Kalau Vitamin memang tidak dikaper oleh Askes perusahaan kita...

- Tapi kan, obat yang harus saya minum untuk mengobati penyakit saya itu kan memang harus Vitamin....

+ Ya itu dia....karena obatnya Bapak termasuk kategori Vitamin...terpaksa itu tidak di kaper...

- Lalu kenapa dokter atau apotek tidak ngasih tahu kalau obat saya itu masuk kategori Vitamin? Kalau mereka kasih tahu dulu dan itu tidak di kaper, mungkin tidak akan saya ambil....

+Ya sudah Mudah-mudahan tidak terjadi lagi

Banyak cerita-cerita lain versi ekses klem ini yang terjadi ditengah-tengah kita. Mudah-mudahan dengan dengan sosialisasi yang tengah di lakukan oleh HR dengan Integra mengenai asuransi kesehatan di SPV bisa membuat karyawan bisa lebih bijak lagi dalam berobat sehingga bisa meminimalisir terjadinya ekses klem. Menurut data yang diperoleh pihak serikat, hampir 50% Ekses klem yang terjadi disebabkan oleh karena ketidak tahuan karyawan terhadap manfaat yang seharusnya dia dapatkan.

Misalnya karyawan yang berobat minta dirawat di kelas yang lebih tinggi dari yang seharusnya dia dapatkan, atau karyawan yang istrinya melahirkan anak ke empat yag jelas tidak ditanggung oleh Pihak Asuransi, atau hal lainnya.

50% lagi memang Ekses Klem karena jenis pengobatan dan tindakan yang diberikan oleh penyedia kesehatan memang tidak masuk dalam ruang lingkup pihak asuransi.

Harapan kita sebagai karyawan, mudah-mudahan Manajemen bisa lebih mengoptimalkan fasilitas kesehatan untuk karyawannya secara lebih baik dari sebelumnya sehingga bisa membantu mengatasi terjadinya ekses klem dari

2 jenis tersebut. Mengingat biaya yang dikeluarkan oleh Manajemen untuk mengurusi masalah kesehatan ini bukanlah jumlah yang sedikit, tetapi manfaat yang dirasakan sepertinya belum sebanding dengan biaya yang telah dikeluarkan tersebut.

Senin, 01 Agustus 2011

Rekreasi karyawan PT. SPV

Suasana Rekreasi 9 Juli 2011 yang lalu.

Suasana Rekreasi 10 Juli 2011 yang lalu.

SPV... !!! YESSS, ONE TEAM SPIRIT...!!! YESS !!! YESS!!!Yel-yel tersebut semangat diteriakan oleh peserta rekreasi keluarga besar karyawan PT SPV pada setiap pelaksanaan rekreasi sebelum acara door prize. Mereka antusias, menyatu duduk dalam satu terpal kebersamaan, membuka timbel yang mereka bawa, dan makan bersama. Larut dalam suasana santai bercengkrama dengan pimpinan tertinggi perusahaan tanpa ada perbedaan. (Js)